Hindari Masalah Penunggakan dengan Lakukan Simulasi KPR Sebelum Pengajuan, Ini Caranya!

Anda akan mengajukan KPR dalam waktu dekat? Ingat jangan terburu-buru, lebih baik untuk memastikan sebelum akhirnya mengalami masalah di jalan. Ya, salah satunya dengan melakukan simulasi KPR terlebih dahulu supaya tujuan dari pengajuan kredit tersebut tidak mengalami kendala. Yang pasti dengan melakukan simulasi diawal Anda akan mendapatkan gambaran mengenai apa saja yang harus dipersiapkan, terutama besarnya cicilan. Lalu, bagaimana simulasi tersebut dilakukan dan apa manfaat sebenarnya?

Satu hal yang perlu Anda ketahui, ketika memutuskan untuk membeli rumah secara kredit itu artinya Anda berhutang dengan bank. Bahkan hal itu tidak hanya berlangsung satu atau dua tahun saja, bisa sampai dengan puluhan tahun. Dengan kondisi keuangan yang tidak dipahami dari awal tentu akan berakhir berantakan. Jangan sampai keinginan untuk mendapatkan rumah dalam waktu lebih cepat menggunakan sistem kredit akan berakhir dengan hutang yang membelit. Bukan angsuran yang dibayarkan justru bunga yang terlalu besar. inilah kenapa perlu untuk persiapan secara matang dan pas sesuai anggaran.

Dengan mengkalkulasikan dari awal melalui simulasi, tentu Anda tidak akan mengalami masalah lagi dalam perjalanan hutang. Lalu, seperti apa proses simulasi itu bisa dilakukan? Tenang, saat ini banyak perusahaan perbankan yang memberikan kemudahan dengan melalui berbagai pilihan simulasi seperti:

1. Melalui situs resmi bank.

Pertama Anda bisa menggunakan melalui website atau situs resmi bank yang sudah tersedia kalkulator online. Dimana Anda bisa langsung memasukkan saja nominal sesuai dengan yang akan digunakan. Misalnya besaran harga rumah, bunga dari bank, waktu yang ditentukan untuk proses kredit sampai dengan besaran cicilan.

2. Melalui platform online.

Saat ini bukan hanya kebutuhan rumah saja yang bisa didapatkan secara online, namun pembelian rumah juga bisa melalui online. Ya, layanan tersebut pasti dilengkapi dengan adanya simulasi KPR atau kalkulator online melalui proses perhitungan yang hampir sama dengan memasukkan nominal.

3. Dari pihak bank.

Pilihan lain dengan melalui pihak bank yang bisa Anda manfaatkan, jadi Anda bisa langsung kunjungi bank terdekat untuk mengorek informasi sekaligus untuk meminta bantuan dalam proses perhitungan supaya mendapatkan gambaran. Tentu proses ini akan didapatkan lebih jelas gambarannya dari pada melalui online seperti cara sebelumnya.

4. Konsultan KPR.

Simulasi dari KPR juga bisa dilakukan dengan konsultan KPR, ini akan lebih mudah karena Anda tidak perlu kerepotan lagi memperhitungkan. Ditambah ada banyak lagi hal yang diinformasikan kepada Anda mengenai KPR yang akan dilakukan sehingga bisa melengkapi kemudahan KPR.

Diatas merupakan berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir masalah akibat penunggakan. Dengan mengetahui gambaran sejak awal Anda juga akan lebih mudah memutuskan apakah KPR tersebut sesuai atau tidak. Jika dirasa hasil perhitungan dari simulasi tersebut masih berat, bisa mengoreksi beberapa nominal seperti besaran uang muka sampai dengan bunga bank. Ini penting, apalagi banyak pilihan bank yang bisa Anda gunakan. Pastikan pula harga rumah sesuai dengan pendapatan sehingga tidak memberatkan.

Itulah berbagai ulasan mengenai cara melakukan simulasi KPR dari berbagai pilihan mudah, jelas dan tepat. Anda bisa memilih salah satunya untuk mendapatkan yang terbaik, ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi besar kecilnya cicilan yaitu bunga. Makanya pilih bank yang tepat dengan tawaran bunga ringan seperti bank BCA. Berapa besaran bunga yang ditanggungkan oleh BCA, untuk update terbaru bisa cek langsung saja melalui website resmi BCA.

Leave a Comment