Cara Mengurus Saldo ATM BRI yang Hilang

Hello Sobat Viral Sore! Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Kali ini, kami ingin membahas tentang bagaimana cara mengurus saldo ATM BRI yang hilang. Tentunya, hal ini bisa menjadi masalah besar bagi kita yang sering bertransaksi menggunakan uang elektronik. Yuk, simak selengkapnya!

1. Memblokir Kartu ATM

Langkah pertama yang harus Sobat Viral Sore lakukan adalah memblokir kartu ATM BRI yang hilang. Dengan memblokir kartu ATM, maka tidak ada orang yang dapat mengakses saldo yang ada di dalamnya. Untuk melakukannya, Sobat Viral Sore dapat langsung menghubungi call center BRI di nomor 14017 atau datang ke kantor cabang terdekat.

Jangan lupa untuk menyediakan nomor rekening dan nomor identitas diri (KTP/SIM/Paspor) agar prosesnya dapat berjalan dengan lancar. Setelah kartu ATM berhasil diblokir, Sobat Viral Sore harus segera mengurus penggantian kartu agar dapat kembali bertransaksi menggunakan uang elektronik.

2. Melaporkan Kehilangan Saldo ATM ke Pihak Bank

Setelah memblokir kartu ATM, langkah selanjutnya adalah melaporkan kehilangan saldo ATM ke pihak bank. Hal ini perlu dilakukan agar pihak bank dapat memproses pengembalian saldo yang hilang. Sobat Viral Sore dapat melaporkan kehilangan saldo ATM ke kantor cabang BRI terdekat atau melalui call center BRI dengan menyebutkan nomor rekening serta jumlah saldo yang hilang.

Proses pengembalian saldo yang hilang membutuhkan waktu sekitar 7-10 hari kerja. Jadi, Sobat Viral Sore harus bersabar dan terus memantau perkembangan prosesnya agar dapat segera mengambil tindakan apabila terjadi kendala.

3. Memperbarui Data Pribadi di Pihak Bank

Langkah terakhir yang harus Sobat Viral Sore lakukan adalah memperbarui data pribadi di pihak bank. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya kehilangan saldo ATM di masa depan. Pastikan data pribadi seperti nomor telepon dan alamat sudah tercatat dengan benar di sistem bank agar dapat segera dihubungi apabila terjadi masalah.

Dalam memperbarui data pribadi, Sobat Viral Sore dapat datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat atau melakukannya secara online melalui internet banking BRI.

4. Tips Menghindari Kehilangan Saldo ATM

Tentunya, mengurus saldo ATM yang hilang bukanlah hal yang menyenangkan. Oleh karena itu, kami ingin memberikan beberapa tips untuk menghindari kehilangan saldo ATM di masa depan. Pertama, selalu simpan kartu ATM dan PIN di tempat yang aman dan terjaga kerahasiaannya.

Kedua, hindari bertransaksi menggunakan kartu ATM di tempat yang ramai dan tidak terlindungi dari pencurian. Ketiga, jangan pernah memberikan informasi PIN atau nomor rekening kepada orang yang tidak dikenal.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara mengurus saldo ATM BRI yang hilang. Selalu ingat untuk memblokir kartu ATM segera setelah mengetahui kehilangan, melaporkan kehilangan saldo ke pihak bank, dan memperbarui data pribadi secara berkala. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Sobat Viral Sore dalam mengatasi masalah kehilangan saldo ATM. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa!