Berikut Ini Beberapa Bursa Saham Terbesar di Dunia yang Wajib Kamu Ketahui

Kamu yang bergerak di bidang bursa saham tentu perlu mengetahui jam bursa saham di Indonesia maupun di dunia. Launcher dari situs jual beli saham aplikasi, yang menariknya yaitu dari 5 bursa saham terbesar di dunia dua diantaranya berasal dari Asia. Kali ini kami akan membahas beberapa bursa saham terbesar di dunia dan bagi kamu Yang penasaran simak ulasannya sebagai berikut.

1. New York Stock Exchange (NYSE)

di posisi pertama yaitu ada New York Stock Exchange(NYSE), yang mana informasi ini dilansir dari Statista.com, menjadi bursa saham terbesar di dunia hingga saat ini membuat New York Stock Exchange memiliki kapitalisasi pasar hingga 27,9 triliun US Dollar.

Menilik data pada bulan Oktober tahun 2021 terdapat 2434 perusahaan domestik dan internasional yang mana sahamnya tercatat di New York Stock Exchange. Terdapat beberapa perusahaan yang tergabung dalam New York Stock Exchange antara lain JPMorgan Chase ($J0M),  Jhonson and Jhonson ($JNJ), Berkshire Hathaway ,($BRK.A.&.$BRK. B), dan Bisa ($V).

NYSE sendiri berdiri pada tanggal 17 Mei tahun 1792 yang mana terdapat perjanjian buttonwood dan ditandatangani oleh 24 pialang saham dan pedagang di Wall Street, New York.

2. Nasdaq Stock Market (NASDAQ)

Berikutnya ada NASDAQ yang mana bursa saham ini berada di kota New York, Amerika Serikat seperti NYSE. Sebagai bursa saham terbesar di posisi kedua membuat NASDAQ memiliki total kapitalisasi pasar emiten yang terdaftar hingga US Dollar 24,56 triliun.

NASDAQ sendiri didirikan pada tahun 1971 yang mana pada awalnya merupakan singkatan dari National Association of Securities Dealers Automated Quotations, di mana ini merupakan organisasi swasta yang lebih dikenal sebagai Otoritas Pengatur Industri Keuangan (FINRA) merupakan organisasi yang berdiri sendiri dan mengatur semua perusahaan sekuritas untuk melakukan bisnis di negara Amerika Serikat.

2. Shanghai Stock Exchange (SSE)

di posisi ketiga sebagai bursa saham terbesar di dunia yakni diduduki oleh The Shanghai Stock Exchange (SSE) di mana bursa saham ini bertempat di Shanghai, Tiongkok. SSI sendiri merupakan salah satu tiga dari bursa saham yang dioperasikan secara independen di negara Cina daratan, dan yang lainnya adalah Bursa Efek Beijing dan Bursa Efek Senzen.

Tahukah kamu bawa Bursa Efek Shanghai merupakan bursa saham yang paling besar di dunia di posisi ketiga informasi tersebut didapat berdasarkan kapitalisasi pasar yang nilainya mencapai 8,15 triliun US Dollar per Desember 2021. Yang lebih menariknya bursa ini juga yang paling besar di Asia.

Untuk sejarah dari Shanghai stock exchange sendiri yakni berdiri pada tanggal 26 November 1990 dan mulai dioperasikan pada tanggal 19 Desember di tahun yang sama.

Menilik dari data yang ada pada bulan Oktober 2021 lalu yang mana total jumlah emiten yang sahamnya terdaftar dalam bursa saham ini mencapai 2,003 emiten di mana semuanya merupakan perusahaan lokal.

3. Euronext N.V

di posisi selanjutnya ada bursa saham terbesar ke-4 dan sekaligus menjadi terakhir yang akan kita bahas adalah Euronext N.V. yang mana bursa saham ini merupakan yang terbesar di Eropa pada awalnya bursa saham ini terbentuk dari merger antara bursa saham Amsterdam Paris, dan  Brussels tahun 2000.

Kantor pusat euronex berada di Amsterdam dan dioperasikan di 6 kota Eropa lainnya seperti Paris, Brussels, Lisbon, Milan, Oslo, dan Dublin.

Menjadi Bursa Efek terbesar di Eropa menjadikan bursa saham ini memiliki nilai kapitalisasi pasar mencapai 7,33 triliun US Dollar per Desember 2021 yang totalnya mencapai 1,969 emiten terdaftar.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar beberapa bursa saham terbesar di dunia yang wajib kamu ketahui. Mudah-mudahan informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu seputar Dunia saham terima kasih.

Leave a Comment