5 Manfaat Menggunakan Software Laporan Keuangan untuk Perusahaan

Dalam menjalankan usaha, banyak sekali yang harus dilakukan. Salah satunya, adalah membuat laporan keuangan. Bisnis yang besar maupun bisnis kecil tentunya memiliki laporan keuangan. Dengan adanya laporan ini, para pemilik bisnis dapat memantau bisnis mereka. Anda sebagai pemilik bisnis juga pasti ingin mengetahui perkembangan dari bisnis yang Anda jalankan, misalnya keuntungan dan kerugian yang didapatkan, kondisi keuangan bisnis Anda, serta perencanaan mengembangkan bisnis kedepannya.

Definisi Singkat Tentang Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah sebuah cacatan atau laporan yang berisi tentang kondisi keuangan dari sebuah bisnis maupun perusahaan yang dibuat dalam kurun waktu tertentu. Laporan ini harus dibuat dengan benar agar dapat menghasilkan laporan yang akurat. Laporan ini dapat dibuat berdasarkan data-data yang benar dan faktual dari sebuah perusahaan atau bisnis tersebut.

Jenis Laporan Keuangan

  • Laporan Laba rugi, yang mencantumkan transaksi individu dan total uang yang Anda peroleh (pendapatan) dan uang yang Anda keluarkan (pengeluaran).
  • Laporan Perubahan Modal, yang menyajikan ikhtisar perubahan yang terjadi dalam ekuitas pemilik pada suatu entitas untuk suatu periode tertentu.
  • Laporan Neraca, yang menampilkan informasi bagaimana posisi keuangan dari perusahaan / entitas pada suatu periode, biasanya dalam satu tahun.
  • Laporan Arus kas, yang menggambarkan perputaran kas perusahaan, mengenai jumlah kas masuk (penerimaan kas) dan jumlah kas keluar (pengeluaran kas) dalam suatu periode tertentu.

Manfaat Menggunakan Laporan Keuangan untuk Bisnis

Laporan keuangan bukan hanya sekedar laporan pertanggungjawaban biasa. Laporan ini berperan sangat penting dalam bisnis Anda ke depannya. Pada laporan ini terdapat sejumlah informasi penting mengenai laba dan rugi yang telah dihasilkan, arus kas masuk dan kas keluar, perkembangan bisnis, serta dapat membantu Anda menentukan tindakan yang tepat terhadap bisnis Anda.

1. Mengetahui laba dan rugi

Tujuan yang pertama dan paling utama dari pembuatan sebuah laporan finance adalah untuk mengetahui besarnya laba dan rugi yang dihasilkan dari sebuah bisnis. Anda bisa mengetahui banyaknya laba yang sudah didapatkan dari bisnis yang sudah Anda rintis selama ini. Selain itu, Anda juga dapat menghitung banyaknya kerugian selama menjalankan sebuah bisnis.

2. Mengetahui banyaknya kas masuk atau cash in dan keluar atau cash out

Selain untuk mengetahui besarnya laba dan kerugian yang dialami, laporan keuangan juga dapat memberikan informasi tentang kas yang masuk dan keluar. Disini Anda dapat mengetahui berbagai macam transaksi dari bisnis itu, misalnya, pendapatan kotor, pendapatan bersih, biaya administrasi, biaya listrik, biaya telepon, biaya perawatan kantor, dan juga biaya yang lainnya.

3. Mengetahui arus kas atau cash flow

Disadari atau tidak, dari laporan finance, Anda juga dapat mengetahui kesesuaian antara kas masuk atau cash in dan kas keluar atau cash out. Di bagian arus kas ini, Anda juga dapat mengetahui seberapa besar dana yang masih tersisa. Anda dapat menyimpulkan apakah dana itu cukup atau malah kurang untuk membiayai perkembangan bisnis tersebut ke depannya.

4. Mengetahui perkembangan bisnis

Adanya laporan keuangan dapat membantu Anda dalam memantau perkembangan bisnis yang sedang Anda jalankan. Dengan begitu, Anda dapat menyimpulkan dan mengambil tindakan yang tepat dan perlu dilakukan untuk bisnis Anda di waktu yang akan datang. Misalnya, jika semakin hari Anda semakin merugi, Anda dapat menyimpulkan bahwa bisnis Anda tidak berkembang.

5. Membantu Anda memilih tindakan yang tepat untuk bisnis tersebut

Laporan finance bukan hanya sekedar laporan biasa. Dengan adanya laporan ini, Anda bisa memilih tindakan yang tepat untuk bisnis yang sedang Anda rintis. Jika Anda selalu merasa rugi, mungkin sebaiknya Anda menerapkan inovasi yang baru untuk menarik minat pelanggan atau Anda memilih untuk menutup bisnis yang Anda jalankan tersebut.

Ternyata tanpa kita sadari, laporan akuntansi itu sangat penting dalam sebuah bisnis. Laporan keuangan dapat membantu Anda mengamati dengan jelas bisnis yang sedang Anda jalankan tersebut. Anda dapat mengetahui kemajuan, kemunduran, keuntungan, kerugian, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan bisnis yang sedang Anda jalankan tersebut. Sudahkah Anda membuat laporan keuangan?

Cara Membuat Laporan Keuangan Lebih Sederhana dengan Software Laporan Keuangan Perusahaan Jurnal by Mekari

Pengelolaan keuangan perusahaan bisa dilakukan lebih mudah dengan memanfaatkan fitur program akuntansi, Contohnya adalah Jurnal by Mekari.

Jurnal, program akuntansi online yang terautomasi akan memudahkan pengelolaan keuangan bisnis laporan yang instan dan akurat.

Anda tidak perlu lagi membuat laporan keuangan secara manual karena data antara laporan lainnya seperti laporan neraca, laba rugi, perubahan modal, maupun arus kas akan saling terintegrasi sesuai dengan transaksi pembelian atau penjualan yang terjadi.

Selain itu Jurnal juga berperan sebagai software laporan keuangan perusahaan yang memudahkan pembuatan invoice secara otomatis.

Selain itu Jurnal juga dapat membantu Anda membaca laporan keuangan di mana saja dan kapan saja melalui berbagai gadget. Sangat penting untuk memantau kondisi keuangan secara realtime demi masa depan bisnis Anda.

Jadi tunggu apa lagi? dapatkan manfaat fitur-fitur jurnal dan rasakan mudahnya membuat laporan keuangan! Coba Jurnal sekarang, gratis dengan free trial selama 14 hari!

Itulah kira-kira penjelasan tentang cara buat laporan keuangan sederhana sesuai alur dan urutan yang benar. Semoga bermanfaat dan ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk tips lain seputar bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Leave a Comment