Inilah Manfaat Assessment Center Bagi Karyawan Perusahaan

Istilah assessment center tentunya tak begitu asing lagi bagi Anda bukan, ini adalah sebuah alat seleksi dan juga pelatihan paling efektif. Umumnya ada banyak diantara perusahaan yang menggunakan metode tersebut untuk melakukan pengujian kepada peserta. Langkah pengujian yang dilakukan sendiri juga secara objektif, dengan validasi konten, tingkat akurasi serta relevansi yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang optimal dari pengujian tersebut. Teknik yang satu ini memang sudah dikembangkan sejak dulu, bahkan sekarang ini cukup banyak diantara perusahaan-perusahaan yang menerapkannya.

Proses assessment ini sendiri umumnya juga dilakukan dengan berbagai tujuan dalam perusahaan, termasuk diantaranya adalah memilih karyawan yang layak untuk mendapatkan sertifikasi dan juga mendapatkan posisi di bagian managerial. Umumnya metode-metode yang digunakan sendiri juga ada sangat beragam dengan tujuan yang berbeda-beda. Assessor yang bertugas sebagai penguji nantinya akan didatangkan ke kantor untuk melakukan pengujian tersebut.

Agaknya dalam tahapan yang satu ini perusahaan juga tak boleh sembarangan dalam memilih assessment center, pastikan yang terbaik dan juga berkualitas, sehingga nantinya mendapatkan hasil yang optimal pula. Lalu sebenarnya apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan dengan mengikutkan karyawan mereka tersebut dalam tahap seleksi atau assessment ini? berikut diantaranya yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Menentukan loyalitas karyawan, sebuah perusahaan pastinya menginginkan karyawan yang loyal kepada mereka bukan. Hanya saja di zaman sekarang ini untuk menemukan karyawan yang benar-benar loyal agaknya menjadi hal yang sangat sulit. Apalagi memang pada dasarnya karyawan di era sekarang ketika sudah mendapatkan ilmunya dan merasa cukup memilih untuk resign dan mencoba peruntungan bekerja di perusahaan lain, maupun dengan membuat usaha sendiri. sehingga dengan adanya tes assessment ini berguna untuk melihat apakah karyawan tersebut cukup loyal ataukah tidak. Terutama adalah pada karyawan baru yang memang baru saja lulus masa percobaan.
  2. Sebagai penentu jenjang karir, kegiatan yang satu ini ternyata juga sangat bermanfaat dalam menentukan jenjang karir seorang karyawan. Hasil tes nantinya yang akan dijadikan sebagai tolak ukur ketika ingin memberikan promosi jabatan para karyawan. Apakah orang tersebut layak untuk diberikan kenaikan jabatan ataukah tidak, dapat dilihat dari hasil tesnya.
  3. Digunakan mengukur kelayakan karyawan, pada dasarnya setiap karyawan juga memiliki keahlian yang berbeda-beda, meskipun mungkin posisi atau jabatan mereka sama, dengan cara yang satu ini maka bisa digunakan dalam mengukur kelayakan karyawan tersebut.
  4. Dapat menganalisa perkembangan karyawan. Bagaimanapun kegiatan assessment ini termasuk bagian yang sangat penting untuk menentukan kemajuan sebuah perusahaan. kegiatan ini akan digunakan untuk melihat gambaran level kinerjanya yang dimiliki oleh karyawan tersebut.
  5. Digunakan untuk merancang pelatihan kompetensi karyawan, dari hasil tesnya nanti juga dapat dipakai untuk merancang jenis pelatihan apa yang cocok bagi mereka dan apa untungnya memilih pelatihan tersebut bagi mereka.

Bahkan assessment center ini sudah mulai diunakan sejak masa perang, guna melihat calon-calon tentara yang loyal dan mampu membela untuk negara mereka. Pastikan Anda mempercayakan kegiatan tersebut pada lembaga yang benar-benar berpengalaman, memiliki tenaga assessment yang juga dapat dipercaya dan berkompeten di bidangnya seperti dari Prasmul-ELI. Ia juga termasuk dalam lembaga pelatihan yang menyediakan berbagai macam kegiatan pelatihan atau training yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, biayanya juga masih terbilang terjangkau, sehingga tak perlu khawatir.

Leave a Comment