4 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Melakukan Donasi Online

Seiring dengan transformasi ekonomi yang pesat di Asia Pasifik, terjadi peningkatan keinginan konsumen, tidak terkecuali keinginan untuk melakukan donasi untuk kegiatan amal. Donasi melalui online pun diwilayah Asia Pasifik meningkat, terutama pada saat perayaan tertentu (festive season), di mana kegiatan amal beralih melalui internet guna meningkatkan jangkauannya.

Berdasarkan survei Charitable Giving dari MasterCard, masyarakat Thailand dan Vietnam merupakan konsumen yang memiliki keinginan paling kuat untuk memberi donasi, yakni menduduki peringkat tertinggi dengan masing-masing sebanyak 70,5% dan 70,4% secara berurutan. Sementara itu Indonesia berada di peringkat keempat dengan nilai sebesar 63,2%.

Meskipun demikian, para konsumen di kawasan Asia Tenggara masih merasa khawatir saat melakukan pembayaran secara online. Indeks Keselamatan dan Keamanan MasterCard (MasterCard’s Safety & Security Index) baru-baru ini menemukan bahwa Thailand dan Vietnam sama-sama negara yang memiliki keinginan kuat untuk melakukan donasi amal juga merupakan negara yang paling khawatir dalam melakukan pembayaran secara elektronik.

Kekhawatiran ini dapat berdampak pada jumlah nilai donasi yang dapat dikumpulkan di kawasan tersebut. Bagaimanapun, akan lebih mudah untuk melacak kemana uang Anda disalurkan dan untuk apa uang tersebut akan dipergunakan jika melakukan donasi melalui sebuah situs-situs resmi dibandingkan dengan melakukannya secara tunai.

Berikut enam tips yang akan membantu Anda untuk memastikan bahwa uang yang telah Anda kumpulkan dengan susah payah akan disalurkan dengan aman ke organisasi sosial pilihan Anda.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Donasi Online

Berkembangnya teknologi digital mendorong lembaga-lembaga sosial untuk terus berinovasi menyediakan layanan yang memudahkan kamu melakukan donasi secara online. Platform digital memang sudah sepatutnya dimanfaatkan juga untuk berbagi kebaikan dengan sesama. Namun, bagaimana cara memilih lembaga yang tepat dan dapat dipercaya? Yuk, simak dahulu hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memilih lembaga sosial untuk donasi online!

1. Latar Belakang Lembaga Penyalur Donasi

Banyaknya lembaga penyalur donasi yang memiliki ‘fitur’ donasi online membuat kamu harus ekstra teliti menyaring lembaga-lembaga tersebut agar terhindar dari penyalahgunaan donasi atau terjerat kasus penipuan internet yang tidak jelas ujungnya. Jadi, ada baiknya kamu pelajari dulu sejarah lembaga tersebut untuk memastikan dana yang terkumpul benar-benar disalurkan ke tangan yang tepat.

Kamu bisa melakukan pengecekan terhadap ulasan dari donatur yang pernah menyumbangkan uangnya melalui lembaga tersebut. Jika tidak memiliki banyak waktu, telusuri web untuk donasi resmi lembaga penyalur donasi tersebut. Pastikan situs jejaring tersebut memuat keterangan lengkap dari informasi yang kamu butuhkan, seperti latar belakang, siapa pendiri dibaliknya, dan kelompok yang akan menyalurkan donasi online-mu.

2. Rekening Tujuan Donasi

Sebelum melakukan donasi online, periksa juga rekening pengumpulan dana yang dipakai. Bila rekening terdaftar atas nama suatu lembaga, lakukan pengecekan latar belakang untuk memastikan kredibilitas lembaga tersebut. Akan tetapi, untuk rekening tujuan yang terdaftar atas nama individu, pastikan kamu bisa tetap memperoleh akses atas laporan pertanggungjawaban dari kegiatan penggalangan dan penyaluran dana yang dilakukan.

3. Nama Domain yang Digunakan

Pihak-pihak yang menyalahgunakan donasi online biasanya akan menggunakan situs dengan domain murah untuk menarik perhatian orang agar mudah percaya. Domain yang dipakai tentunya akan terlihat aneh dan tidak biasa. Penggalangan dana yang dilakukan lewat situs dengan domain seperti itu dapat dipastikan tidak memiliki izin resmi. Jadi, jangan mudah terkecoh, ya!

Kamu bisa periksa keaslian domain yang dipakai oleh situs lembaga tersebut menggunakan beberapa aplikasi pendeteksi penipuan (scam) yang tersedia di toko aplikasi khusus pengguna Android maupun iOS.

4. Situs Pembayaran yang Aman

Beberapa situs donasi online memberi kemudahan dengan melakukan pengiriman dana lewat form yang sudah disediakan dalam situs sang penyelenggara. Sebaiknya kamu berhati-hati dalam melakukan pengisian data pada form seperti ini, ya. Jangan sampai nomor kartu debit atau kredit yang kamu berikan malah disalahgunakan. Selalu pastikan situs donasi online tersebut adalah resmi dan asli serta terbebas dari spyware atau mesin pencuri data.

Jika setelah melakukan empat hal di atas, kamu mendapati bahwa lembaga tersebut memang terbukti resmi. Maka tidak perlu ragu lagi untuk melakukan donasi secara online. Nah, kalau sudah merasa aman dan yakin, yuk mulai berdonasi online di WeCare.id!

Wecare.ID adalah situs web yang dibangun khusus untuk mengumpulkan dana bagi pasien-pasien di daerah terpencil atau sangat terpencil yang membutuhkan akses terhadap pelayanan kesehatan yang optimal dan JKN. WeCare bekerja sama dengan dokter-dokter di wilayah perifer untuk menghubungkan WeCare dengan para pasien tersebut sehingga mereka dapat memperoleh pengobatan dan fasilitas pendukung lainnya secara menyeluruh.

Melalui WeCare.ID para calon donatur dapat melihat daftar dan informasi para pasien, memilih pasien yang ingin dibantu, lalu memberi bantuan dengan menyumbang mulai dari sepuluh ribu rupiah. Seluruh transaksi yang dilakukan akan ditampilkan secara transparan di website WeCare.

WeCareID juga sangat mengapresiasi dan mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional dari BPJS (Badan Penyelenggara jaminan Sosial) dan pemerintah yang mempermudah masyarakat untuk mendapat pelayanan kesehatan yang memadai. Namun hingga saat ini masih banyak masyarakat Indonesia di daerah terpencil/ sangat terpencil atau masyarakat kurang mampu yang belum memiliki JKN tersebut. Oleh karena itu, WeCare.ID memfasilitasi mereka untuk memproses kepemilikan JKN mereka serta membayarkan premi JKN pasien tidak mampu yang belum/tidak menjadi Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Mari bergabung bersama WeCare untuk mewujudkan Indonesia yang sehat, merata!

Leave a Comment