June 23, 2021

Viral Sore

Media Informasi Sore Terpercaya

Apa yang Dimaksud dengan Managed Switch?

3 min read

Suatu perusahaan yang memiliki beberapa departemen atau divisi tentu menggunakan banyak perangkat seperti komputer, printer, scanner, dll. Hal ini dikarenakan alat – alat tersebut dibutuhkan untuk menunjang performa dari perusahaan tersebut. Hal ini tentu diiringi dengan kebutuhan perusahaan dalam proses transfer data dan informasi dalam sebuah jaringan perangkat. Salah satu alat yang bisa digunakan untuk proses transfer data dan informasi antar satu komputer dengan komputer lainnya adalah network switch. Alat ini juga dikenal dengan nama switching hub. Alat ini dapat digunakan untuk mengirimkan data pada layer 2 atau link layer dengan menggunakan model OSI dalam proses transfernya.

Tukang Taman Jakarta Profesional dan Terpercaya

Tukang Taman Jakarta https://niscalagarden.web.id/ adalah jasa profesional Design dan Kontraktor Landscape yang mengerjakan berbagai macam type atau model taman mulai dari Taman Mediterania, Taman Minimalis, Taman Bali, Taman Jepang, Taman Klasik, Taman Vertikal, Taman Kering, dan juga mengerjakan taman untuk penghijauan perumahan, Pabrik, Kantor, Hotel, Universitas. dll

Kunjungi tukang taman jakarta apabila anda menginginkan taman anda rapi dan indah dipandang mata. Jangan sampai taman anda seperti tempat pembuangan sampah.

Network switch memiliki beberapa jenis yang sering digunakan. Salah satunya adalah managed switch . Secara umum, Switching hub tipe managed merupakan sebuah switching hub yang harus diinstal dengan menggunakan beberapa konfigurasi. Tanpa adanya konfigurasi, maka network switch tidak bisa digunakan. Lantas, fitur apa saja yang ada di dalam network switch dengan tipe managed ini? Salah satu fiturnya adalah adanya Command Line Interface (CLI) yang memungkinkan network switch yang dapat diakses oleh pengguna dengan menggunakan serial console. Sehingga, performa dan monitoring dari network switch juga akan lebih baik. Fitur lainnya adalah adanya telnet yang sering disebut juga dengan secure shell. Hal ini membuat network switch dengan tipe managed menawarkan sistem keamanan yang lebih tinggi.

Managed switch juga dilengkapi dengan fitur Simple Network Management Protocol (SNMP). Apa keunggulan dari fitur SNMP? Adanya fitur ini membuat para pengguna bisa menginstall network switch ini baik dari dalam lokasi tempat dimana jaringan komputer itu berada maupun mengontrolnya dari luar area jaringan komputer tersebut. Sehingga, proses kontrol dan monitoring akan menjadi lebih mudah. Singkatnya, SNMP memungkinkan pengguna mengoperasikan network switch tipe managed selayaknya web interface. Network switch tipe ini juga memiliki fitur yang memungkinkan kontrol dengan lebih mudah yaitu Spanning Tree Protocol. Sehingga, bisa digunakan untuk beberapa alat seperti port mirroring, bandwidth, bahkan Virtual Local Area Networks (VLANs).

Secara umum, managed switch dapat dibedakan menjadi dua sub jenis yaitu smart switch dan enterprise switch. Lantas, apa perbedaan keduanya? Smart switch dapat didefinisikan sebagai network switch yang digunakan dengan menggunakan konfigurasi sederhana. Hal ini membuat smart switch menjadi lebih mudah digunakan dibandingkan enterpriseswitch. Akan tetapi, smart switch memiliki akses yang terbatas seperti tidak adanya fitur CLI. Oleh karena itu, harga dari smart switch lebih murah dibandingkan dengan harga enterprise switch. Sementara itu, enterprise switch hanya bisa dioperasikan jika menggunakan konfigurasi lengkap. Namun, performa yang didapatkan sangatlah baik yaitu dapat mengakses beberapa fitur seperti CLI, web interface, dan juga SNMP. Bahkan, enterprise switch memiliki beberapa kemampuan yaitu backup, menampilkan, dan memodifikasi konfigurasi. Hal ini membuat enterprise switch menjadi lebih cocok digunakan pada perusahaan dengan skala besar. Namun, harga enterprise switch lebih mahal dibandingkan dengan harga smart switch. Oleh karena itu, pengguna yang ingin menggunakan network switch maka ia harus menyesuaikan dengan kebutuhan perangkat jaringan komputer yang mereka miliki. Selain itu, besarnya harga dari network switch juga menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih network switch. Berdasarkan fitur dan modelnya, maka network switch tipe managed sangat cocok digunakan untuk mendukung perangkat jaringan komputer.

More Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.